Tips Mengoptimalkan Penyimpanan Internal yang Sering Penuh

Memori Internal sangat terbatas kapasitasnya, karenanya perlu langkah agar mampu mengoptimalkan penyimpanan internal. Karena apabila sampai penuh, maka tidak bisa lagi digunakan untuk menyimpan berbagai data. Beberapa aplikasi bisa saja terhambat kinerjanya, karena membutuhkan sedikit ruang kosong untuk menyimpan berbagai prosesnya.

Terkadang sebelum memori benar – benar penuh, akan terdapat notifikasi pada bilah smartphone Anda. Memberitahukan bahwa penyimpanan tinggal sedikit, terkadang disarankan untuk memindahkan file atau menghapus file besar secara otomatis. Tetapi kadang meskipun merasa tidak banyak menyimpan data di Internal, tetap saja ada notifikasi memori penuh.

Mengosongkan Sebagian dari Ruang Penyimpanan

Notifikasi penuh walaupun merasa tidak banyak menyimpan file di Internal bisa disebabkan karena beberapa hal. Pertama adalah adanya berbagai sampah aplikasi. Untuk mempercepat proses loading atau pembacaan data, berbagai informasi akan disimpan dalam memori sebagai cache atau sebagai data aplikasi. Akibatnya penyimpanan perlahan – lahan akan penuh.

Salah satu langkah menyelesaikannya adalah menghapus data penggunaan tersebut. Caranya cukup mudah, bisa menggunakan cache cleaner. Atau bisa melakukannya secara manual. Melalui setting à manajemen aplikasi à “pilih salah satu aplikasi” à bersihkan cache. Ini harus rutin dilakukan, terutama bila memiliki aplikasi yang sering dipakai.

Sebab kedua bisa jadi karena aplikasi menyimpan datanya pada memori internal. Seperti media messenger Whatsapp contohnya, media gambar, dokumen, musik, dan berbagai media lainnya akan otomatis tersimpan pada memori internal. Sehingga tidak heran sering cepat penuh. Untuk mampu mengoptimalkan penyimpanan internal perlu menghapusnya secara manual.

Menghapus data dari messenger seperti Whatsapp ataupun Telegram, bisa dilakukan dengan masuk ke folder penyimpanannya. Pilihlah salah satu media yang ingin dihapus, seperti stiker atau gambar – gambarnya, lalu hapus saja. Sebelum dihapus alangkah baiknya membackupnya terlebih dahulu dengan menyalinnya pada perangkat lain seperti laptop.

Baca Juga :  Ketahui Cara Memilih Smartphone yang Berkualitas dengan Mudah

Menambah Media untuk Penyimpanan Alternatif

Selain menghapus berbagai jenis data olahan aplikasi, bisa juga dengan menambah alternatif media penyimpanannya. Salah satunya dengan menambahkan memori eksternal seperti SD Card. Dengan demikian dapat diatur penyimpanannya. Seperti menyimpan media gambar, foto, video pada eksternal sedangkan internal hanya digunakan untuk aplikasi saja.

Penyimpanan alternatif lainnya adalah memanfaatkan fitur layanan cloud. Paling sederhana memanfaatkan fitur cloud yang telah disediakan oleh pihak ketiga, seperti google, telegram, secara gratis namun aman. Dengan demikian smartphone Kamu tidak akan terbebani meskipun Kamu menyimpan berbagai jenis file dengan ukuran besar sekalipun.

Secara umum sistem kerja penyimpanan cloud ini adalah menyediakan ruang digital melalui jaringan internet. Sehingga untuk menyimpannya atau mengaksesnya memerlukan jaringan internet. Selama tidak diunduh, tidak akan membebani memori internal. Begitupun sebaliknya tidak akan hilang bila dihapus si memori perangkat. Karena data Kamu terletak di server penyedia layanannya.

Penyimpanan memegang peranan penting dalam sebuah perangkat digital. Darinya dapat membaca atau menuliskan berbagai jenis data dan informasi baru bagi penggunanya. Penuhnya memori mengganggu berbagai proses aplikasi. Sehingga perlu mengoptimalkan penyimpanan internal dengan cara menghapus cache atau menambah media penyimpanan alternatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *