Smartphone Terkena Air, Lakukan Pertolongan Pertama ini

Pasti jengkel serta khawatir apabila smartphone terkena air, berbagai bayangan negatif tergambar pada benak. Seperti terbayang bahwa sebentar lagi akan mengalami kerusakan atau kepanikan secara berlebihan. Tetapi sebenarnya tidak harus demikian, setiap permasalahan mengandung pemecahan. Begitu juga terceburnya smartphone pada air juga punya penyelesaiannya.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah tidak panik atau merespon berlebihan. Ketika panik, maka sulit bersikap rasional dan tidak dengan segera melakukan pertolongan pertama. Padahal apabila terdapat penanganan yang tepat bisa menghindari potensi kerusakan padanya. Salah satu pertolongannya adalah dengan mengeringkan terlebih dahulu.

Keringkan Smartphone Menggunakan Berbagai Metode

Mengeringkan smartphone bisa dilakukan melalui beberapa metode. Mulai dari menggunakan zat penyerap air, maupun menggunakan perangkat elektronik lainnya untuk menyedot airnya. Salah satunya adalah menggunakan beras. Diketahui beras memiliki sifat kering, tetapi sangat mudah menyerap air. Sehingga beras bisa menjadi alternatif pertolongan pertama.

Cara memberikan pertolongan pertama smartphone terkena air menggunakan beras adalah dengan menyelupkannya pada tumpukan besar. Usahakan setiap bagiannya tertutupi oleh beras. Tunggu beberapa saat lalu angkatlah Kembali. Selain media beras, biasanya juga bisa menggunakan silica gel, karena memilki karakteristik sama dengan beras.

Namun sebelum mencelupkannya pada beras atau silica gel, alangkah baiknya bagian luarnya di lap terlebih dahulu. Pastikan kondisi fisik luarnya benar – benar kering, bisa di lap menggunakan handuk yang lembut. Setelah bagian luarnya kering, masukkan ke dalam beras atau silica gel. Dengan demikian mereka akan terfokus menyerap air di bagian terdalam handphone.

Selain itu salah satu alternatif dalam mengeringkan adalah menggunakan alat kompresor udara, sehingga meskipun ada air yang masuk, dapat dengan cepat dikeluarkan. Salah satu contohnya menggunakan vacuum cleaner. Namun jangan arahkan terlalu dekat, karena berpotensi menimbulkan listrik statis, berbahaya bagi komponennya.

Baca Juga :  Ketahui Cara Memilih Smartphone yang Berkualitas dengan Mudah

Hindari Hal ini agar Terhindar dari Kerusakan

Selain pertolongan pertama, juga perlu menghindari berbagai hal agar tidak terjadi kerusakan pada smartphone Anda. Salah satunya adalah dengan menghidupkannya secara langsung. Kamu pasti penasaran setelah tercebur apakah masih berfungsi, namun ketika langsung dihidupkan, apabila ada air yang masuk, bisa menyebabkan konslet sirkuitnya, justru merusak smartphone.

foto wikihow

Hindari menggunakan panas sebagai media pengeringannya. Karena pada dasarnya komponen pada smartphonenya didesain agar berfungsi pada suhu ruangan. Ketika menerima panas berlebih, berpotensi menyebabkan kerusakan pada berbagai komponennya. Karenanya cukup di lap atau di vacuum kemudian dibenamkan pada beras atau silica gel.

Hindari juga memencet berbagai tombolnya atau mengoncang – goncangkannya. Dikhawatirkan nanti tetesan airnya akan semakin masuk ke sela – sela komponennya. Selain itu beberapa komponen juga akan terkena air, berpotensi menyebabkannya tidak lagi mampu berfungsi dengan baik.

Berbagai pertolongan pertama dapat dilakukan terlebih dahulu ketika mendapati smartphone yang basah. Mulai dari mengeringkannya menggunakan lap, lalu merendamnya ke dalam tumpukan beras atau silica gel. Namun apabila tidak berhasil, segera bawa pada teknisi ahli. Sampaikan bahwa smartphone terkena air dan telah diberikan pertolongan pertama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *