Cara Mengatasi Masalah pada PC Modern Tanpa Bantuan Tukang

Cara Mengatasi Masalah pada PC Modern Tanpa Bantuan Tukang

Masalah pada PC bukan sesuatu yang jarang dialami bahkan sering terjadi. Ada banyak sekali penyebab komputer modern kita mengalami kendala. Solusinya apa lagi kalo bukan membawanya tukang service langganan. Padahal dengan beberapa tindakan kecil kemungkinan kerusakan bisa kamu atasi sendiri.

Membawa komputer bermasalah ke tukang service memang sering kali dijadikan solusi paling cepat. Kamu hanya perlu membayar untuk mendapatkan kembali performa PC yang sempat hilang. Tetapi jika kita bisa menyelesaikan sendiri, mengapa harus jauh-jauh mendatangi ahli service.

Sejumlah persiapan wajib kamu laksanakan. Pertama mengecek terlebih dahulu sistem operasi windows apakah berjalan lancar atau tidak. Selanjutnya melakukan scanning pada komputer untuk memastikan tidak adanya virus atau malware yang jadi penyebab kerusakan driver managemennya.

Persiapan Awal untuk Memulai Perbaikan

Cek windows apakah sudah masuk ke versi terbaru. Caranya melihat bagian setting yang terletak di control panel. Tunggu saja sampai muncul mode halaman pengaturan. Lihat bagian PC setting dan cari menu Windows Update. Beberapa bulan sekali komputer pasti akan meminta pengguna untuk melakukan pembaharuan sistem.

Melakukan scan komputer untuk memastikan komputer sehat dari bahaya virus. Infeksi malware bisa terjadi sangat cepat bahkan tanpa kita ketahui. Masalah pada PC tersebut harus diatasi dengan update antivirus menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Lakukan scanning data supaya perangkat bebas masalah.

Komputer Lambat ketika Sedang Digunakan

PC kamu sering lemot saat digunakan atau sering loading lama, maka ada solusi mudah untuk mengatasinya. Cek bagian penyimpanan hardisk apakah terisi penuh. Tandanya dapat diamati dengan warnanya. Kapasitas penuh biasanya ditandangi oleh warna merah maka kamu perlu mengurangi atau menghapus file tidak digunakan.

Gunakan aplikasi disk clean atau fitur cleaning pada windows untuk mengatasi Masalah pada PC yang lemot. Metode ini akan meremove file-file sampan atau sudah tidak lagi digunakan. Mengatur ulang partisi supaya memiliki ruang. Untuk mengaktifkan, caranya klik Run lalu Msconfig dan startup.

Proses download bisa terasa lambat juga disebabkan oleh masalah internal. Misalnya jaringan internet sedang tersendat, windows mengalami update untuk melakukan sinkronisasi. Kamu boleh cek kecepatan akses dengan melihat jaringan profider/wifi. Proses ini dapat berjalan lama sehingga mempengaruhi kinerja PC.

Masalah pada Sistem Keamanan Komputer

Masalah pada PC paling sering terjadi ialah berkaitan juga dengan sistem keamanan atau security certificate. Hal ini bisa mempengaruhi kinerja komputer terutama saat membuka website atau situs. Solusinya adalah dengan melihat setting timer kemudian mengaturnya ulang.

Cari menu setting atau control panel dan pilih pengaturan jam/timer. Set ulang sesuai waktu pada lokasimu saat ini. Masalah lainnya juga bisa disebabkan oleh kerusakan di baterai CMOS. Namun untuk memperbaiki kamu membutuhkan alat khusus dan bongkar bagian dalam komputer.

Bersihkan juga software dari cache dan chookie yang jadi penyebab lain komputer bisa lambat. Kendala lainnya seperti tidak bisa dipakai untuk nge-print atau email sulit dibuka dapat terjadi akibat Masalah pada PC sehingga berdampak pada kerusakan di beberapa aplikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *