Penting, Ketahui Tanda – Tanda Laptop Perlu Diinstall Ulang

Pernah mendengar saran dari teknisi bahwa laptop perlu diinstall ulang, tenang saran ini tidak muncul begitu saja. Terkadang saran yang diberikan memang didasarkan oleh pengamatan serta diagnosis yang jeli. Bahkan terkadang beberapa kondisi sudah menampakkan tanda harus dilakukan install ulang.

Install ulang bukanlah hal yang buruk, bahkan pada suatu kondisi memiliki manfaat besar. Seperti menghilangkan virus atau mempercepat kinerja laptop. Namun terlalu sering melakukannya juga berdampak buruk pada disk. Sehingga sebelum buru – buru memutuskan alangkah baiknya memahami berbagai gejala – gejalanya terlebih dahulu.

Sistem Kinerja Sudah Mulai Terhambat

Salah satu tanda bahwa laptop perlu diinstall ulang adalah mengalami hambatan saat bekerja. Seperti salah satunya program mulai lemot saat dijalankan. Padahal saat itu tidak banyak menjalankan program. Normalnya ketika aplikasi yang berjalan sedikit, kinerja semakin cepat. Ketika mengalami lemot, ini merupakan salah satu gejalanya.

Terlebih apabila lemot tersebut sering dibarengi dengan not responding. Lebih parahnya ketika tiba – tiba programnya mati sendiri, atau sering disebut sebagai force close. Kondisi itu menunjukkan bahwa penggunaan RAM cukup besar. Sehingga beberapa harus dihentikan beroperasi, termasuk aplikasi yang sedang kamu jalankan.

Pada kondisi tertentu bahkan sampai menyebabkan laptop melakukan restart sendiri. Padahal sedang asiknya bekerja, tetapi tiba – tiba perangkat menjalankan perintah untuk restart. Selain menunjukkan RAMnya mulai penuh, juga memberikan indikasi terdapat kesalahan dalam sistem operasinya. Terlebih bila kejadian ini sering dialami.

Ketika mengalami gejala tersebut, alangkah baiknya mengonsultasikan terlebih dahulu pada orang ahli. Hindari langsung melakukan install ulang sendiri atau terburu – buru. Bisa jadi permasalahannya terletak pada sebab lain. Sehingga solusinya bisa berbeda. Namun berbagai kondisi seperti force close, not responding, atau restart sendiri merupakan tanda perlu menginstall ulang.

Perlunya Pembaruan Suatu Sistem Operasi

Salah satu tanda paling jelas perlunya diinstall ulang adalah tidak mampu melakukan booting. Kondisi ini biasanya disebabkan adanya sistem yang corrupt atau hilang. Bisa disebabkan karena kesengajaan atau ketidaksengajaan. Apabila sudah dalam kondisi ini, tidak mungkin bisa dioperasikan sebelum diperbaiki sistemnya.

Selain itu perkembangan teknologi menuntut sistem operasi yang uptudate agar dapat memanfaatkan berbagai fitur – fitur barunya. Untuk melakukan update, perlu membeli sistem operasinya dan mengganti sistem operasi pada laptop Anda. Yaitu dengan melakukan penginstallan Kembali. Dengan demikian perangkat lebih terlindungi serta mampu menikmati berbagai fitur baru.

Menginstall OS juga dapat menjadi pilihan terbaik apabila sudah terjangkit virus. Terlebih apabila berbagai file sistem terganggu fungsinya. Selain memperlambat kinerja, juga berpotensi mengganggu keamanan data Anda. Bisa jadi ada potensi pencurian data atau hal – hal yang tidak diinginkan lainnya.

Kinerja dan performa laptop sangat berpengaruh pada kecepatan pengerjaan berbagai kegiatan. Mulai dari penugasan, kerja, serta berbagai proyek lainnya. Karenanya perlu melakukan perawatan terhadap laptopnya. Salah satunya dengan memperbarui OS pada laptop perlu diinstall ulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *