Aplikasi Boros Kuota di Smartphone yang Perlu Diketahui

Aplikasi boros kuota sangat macam. Dengan menggunakannya terlalu sering, paket internet seseorang akan cepat habis. Ini tentu menjadi pengalaman tidak menyenangkan. Setiap orang pasti sadar jika paket internet bukan suatu hal yang sangat murah. Biaya untuk membelinya cukup lumayan. Akan menjadi berbahaya apabila paket habis dalam kondisi penting.

Jika ini terjadi, komunikasi tidak bisa dilakukan. Terlebih lagi jika kondisi habis terjadi di tempat yang sulit mendapatkan tempat penjual kuota. Beberapa tahun ke belakang, seseorang sering membeli kuota 2 GB untuk sebulan. Namun sekarang, kuota sebanyak itu hanya bisa digunakan untuk satu atau dua hari.

Ini terjadi karena setiap aplikasi sudah semakin update demi memberikan kepuasan pada pengguna. Tentu kepuasan tersebut akan didapat apabila kecepatan aksesnya semakin cepat. Selain itu, ini juga terjadi karena peralihan dan 3G ke 4G yang semakin cepat. Namun jika disimpulkan, terdapat beberapa aplikasi boros kuota yang berada di urutan tertinggi.

Facebook dan Instagram Adalah yang Paling Boros

Facebook berada di urutan pertama. Ini adalah aplikasi sosial media dengan tampilan berbentuk teks, foto, dan video. Perlu diketahui bahwa facebook memiliki fitur autoplay. Dengan keberadaan fitur tersebut, ponsel akan menyalakan video secara otomatis walaupun tidak digunakan. Ini tentu memakan kuota dalam jumlah banyak.

Pastikan untuk mematikan fitur autoplay tersebut. Caranya sangat mudah karena pengguna hanya perlu masuk ke pengaturan akun lalu menuju ke video dan foto. Disana, akan terdapat kolom autoplay. Langsung saja matikan kolom tersebut. Setelah facebook, selanjutnya adalah instagram. Penggunaan paket internet instagram bahkan lebih besar lagi.

Itu karena, basis utama instagaram hanya video dan foto. Selain itu, fitur storynya juga lebih populer. Ini membuat data seluler digunakan terus menerus secara cepat. Sebenarnya, instagaram sendiri sudah menyediakan fitur penghemat data. Fitur tersebut bisa ditemukan di pengaturan akun lalu ke penggunaan data seluler.

Kurangi Juga Penggunaan Snapchat dan Youtube

 

Walaupun kebanyakan digunakan oleh wanita, sangat layak jika snapchat dimasukkan ke daftar aplikasi boros kuota. Salah satu momok utama dari snapchat sendiri adalah video. Jika ingin lebih hemat, preloading video bisa dicegah. Caranya sendiri adalah dengan membuat travelmode pada aplikasi menjadi aktif.

Dengan diaktifkannya fitur tersebut, dibutuhkan waktu lebih lama untuk memuat berbagai hal di aplikasi. Walaupun sedikit mengurangi kenyamanan, ini membuat penggunaan data seluler menjadi lebih sedikit. Aplikasi selanjutnya adalah youtube.

Keberadaannya sangat perlu diperhatikan. Fitur utama dari youtube adalah akses video hingga resolusi HD. Perlu diketahui bahwa video HD akan memakan kuota lebih dari 1,5 GB ketika digunakan selama satu jam. Oleh sebab itu, pastikan untuk menggunakannya secara bijak dengan tidak menggunakan resolusi tertinggi.

Pastikan untuk bijak dalam penggunaan aplikasi. Walaupun pada dasarnya aplikasi tersebut tidak boros kuota, penggunaan terlalu sering akan membuat data seluler terkuras dalam jumlah banyak. Namun tidak dipungkiri bahwa aplikasi boros kuota di atas memegang peran paling besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *